PEMROSESAN INFORMASI
Input Sumber Daya Data
Data mengenai transaksi bisnis dan kegiatan lainnya harus
ditangkap dan disiapkan untuk pemrosesan untuk aktivitas input. Input biasanya
berbentuk aktivitasentri data seperti pencatatan dan pengeditan.
Para pemakai akhir biasanya memasukan data secara langsung ke dalam sistem
komputer, atau mencatat data mengenai transaksi dari beberapa jenis media fisik
seperti formulir kertas. Hal ini biasanya meliputi berbagai aktivitas edit
untuk memastikan bahwa mereka telah mencatat data dengan benar. Begitu
dimasukkan, data bisa dipindahkan ke dalam media yang dapat dibaca mesin,
seperti magnetic disk hingga dibutuhkan untuk pemrosesan.
Pemrosesan Data Menjadi Informasi
Data biasanya tergantung pada aktivitas pemrosesan seperti
perhitungan, perbandingan, pemilahan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran.
Aktivitas-aktivitas ini mengatur, menganalisis, dan memanipulasi data, hingga
mengubahanya ke dalam informasi bagi para pemakai akhir. Kualitas data apapun
yang disimpan dalam sistem informasi juga harus dipelihara melalui proses
terus-menerus dari aktivitas perbaikan dan pembaruan.
Output Produk Informasi
Informasi dalam berbagai bentuk dikirim ke pemakai akhir dan
disediakan untuk mereka dalam aktivitas output. Tujuan dari sistem informasi
adalah untuk menghasilkan produk informasi yang tepat bagi para pemakai akhir. Produk informasi
umum meliputi pesan, lapora, formulir, dan gambar grafis yang dapat disediakan
melalui tampilan video, respons audio, produk kertas, dan multimedia
.
Penyimpanan Sumber Daya Data
Penyimpanan adalah komponen dasar sistem informasi. Penyimpanan
adalah aktivitas sistem informasi tempat data dan informasi disimpan secara
teratur untuk digunakan kemudian
Pengendalian Kinerja Sistem
Aktivitas sistem informasi yang
penting adalah pengendalian kinerja sistem. Sistem informasi harus menghasilkan
umpan balik mengenai aktivitas input, pemrosesan, output, dan penyimpanan.
Umpan balik ini harus diawasi dan dievaluasi untuk menetapakan apakah sistem
dapat memenuhi standar kinerja yang telah ditetapkan. Kemudian, aktivitas
sistem yang tepat harus disesuaikan agar produk informasi yang tepat dihasilkan
bagi para pemakai akhir.
KUALITAS INFORMASI
Informasi produk yang memiliki karakteristik, atribut, atau kualitas membuat informasi yang lebih bernilai.
Informasi memiliki 3 dimensi:
waktu
kadar
bentuk
-
Dimensi Waktu (Time) : Informasi harus tersedia pada
Saat dibutuhkan : ketepatan waktu (Timelines)
Saat disediakan : kekinian (Currency)
Seberapa sering : frekuensi (Frequency)
Dalam periode waktu yang lalu, kini, yang akan datang : periode waktu (Time Period)
- Dimensi Isi (Content) : Informasi harus tersedia pada
Bebas kesalahan : keakuratan (Accuracy)
Berkait kebutuhan : relevansi (Relevance)
Semua ada : Kelengkapan (Completeness)
Hanya yang dibutuhkan : ringkas (Conciseness)
Cakupan informasi : Lingkup (Scope)
Mengukur Kinerja : kinerja (Performance)
- Dimensi Bentuk (Form) : Informasi harus tersedia pada
Mudah dipahami : kejelasan (Clarity)
Secara rinci dan ringkas : rinci (Detail)
Urut berdasarkan tertentu : urutan (order)
Bentuk narasi/gambar : presentasi (Presentation)
Bentuk media cetak/visual : media (Media)
Saat dibutuhkan : ketepatan waktu (Timelines)
Saat disediakan : kekinian (Currency)
Seberapa sering : frekuensi (Frequency)
Dalam periode waktu yang lalu, kini, yang akan datang : periode waktu (Time Period)
- Dimensi Isi (Content) : Informasi harus tersedia pada
Bebas kesalahan : keakuratan (Accuracy)
Berkait kebutuhan : relevansi (Relevance)
Semua ada : Kelengkapan (Completeness)
Hanya yang dibutuhkan : ringkas (Conciseness)
Cakupan informasi : Lingkup (Scope)
Mengukur Kinerja : kinerja (Performance)
- Dimensi Bentuk (Form) : Informasi harus tersedia pada
Mudah dipahami : kejelasan (Clarity)
Secara rinci dan ringkas : rinci (Detail)
Urut berdasarkan tertentu : urutan (order)
Bentuk narasi/gambar : presentasi (Presentation)
Bentuk media cetak/visual : media (Media)
Sign up here with your email
1 komentar:
Write komentarnice artikel sangat membantu untuk menambah wawasan ..lanjutkan :-)
ReplyConversionConversion EmoticonEmoticon